Ragam Model Alat Timbangan Beserta Kegunanaanya

Timbangan Kenko

Timbangan Pocket

Model timbangan mini yang dapat dibawa kemana saja
Selain dimensinya tak terlalu besar juga ukuran yang ada pun kecil.

Timbangan Duduk

Seperti namanya timbangan duduk ini adalah bentuk timbangan layaknya timbangan biasa yang dapat didudukan dimeja. Menurut teknologinya ada dua macam timbangan duduk yakni timbangan duduk digital dan timbangan duduk analog. Jenis timbangan ini sangat familiar dan sering kali digunakan oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Selain harganya yang tidak terlalu mahal timbangan duduk ini juga bentuknya tidak terlalu besar. Kapasitas timbangan duduk berkisar dari 30 kg s/d 50 kg.

Fungsi : Alat buat menimbang berat bahan berat
Spesifikasi : Material terbuat dari besi kapasitas 100 Kg roda mekanik Bandul timbangan kuningan Bandul slide kuningan

Timbangan Gantung

Dinamai timbangan gantung sebab cara penimbangannya digantungkan pada timbangan tersebut.
Jadi Timbangan ini tidak memiliki tatakan tempat timbang.
Beban yg akan ditimbang digantung lalu menarik Keseimbangannya yang telah menyatu dengan Indikatornya.

Timbangan Emas

Timbangan emas ini juga tergolong timbangan dengan presisi tinggi karena kita tahu sendiri dalam jual beli emas juga ada perhitungan sekian mili gram untuk menentukan harga. Timbangan emas ini dibuat dengan bentuk digital agar ukuran ketepatannya bisa dilihat dengan jelas. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju seperti sekarang ini sudah hampir semua toko emas pasti mengandalkan alat timbangan emas ini dalam setiap transaksinya.

Timbangan Hewan

Diberi nama timbangan ternak karena fungsi timbangan ini untuk menimbang berat hewan ternak semacam sapi, kerbau, kambing dll.

Bedanya timbangan ternak digital dengan timbangan digital lain ialah adanya fungsi penahan seperti kurungan diluar memang tempat timbangnya yang jg tidak sama. Ada pula fungsi HOLD merupakan fungsi yang mana bila diperoleh angka yang kerap menunjuk lalu angka itu otomatis stop dan mengunci.

Timbangan Tahan Air (Waterproof)

Layaknya timbangan-timbangan digital lainnya. Timbangan waterproof punya kelebihan dengan adanya ketahanan atas wilayah yang berair serta lembab.
Timbangan ini umumnya dipakai buat Industri Ikan ataupun hewan yang habitatnya diair. Lingkungan nan dingin, lembab serta cenderung basah bakal membuat timbangan biasa tidak dapat bertahan.
Pada jenis timbangan waterproof tertentu bahkan ada yang bilang bisa tahan dan tetap beroperasi walaupun dalam keadaan dalam air sekalipun.

Timbangan Lab (Lab. Balance)

Timbangan ini digunakan dilaboratorium. Kebanyakan dengan presisi yang amat tinggi. Presisi berjarak antara 0,01 g hingga 0,0001 g.

Timbangan Harga Retail atau Timbangan Supermarket

Timbangan ini rata-rata dipakai buat menimbang buah, permen, daging, makanan kecil dll. Biasanya dipergunakan oleh Toko Buah, Oleh-oleh, Supermarket, Minimarket dan sebagainya. Timbangan ini memiliki tiga tampilan misalnya: tampilan untuk penunjukan berat, tampilan tuk hitungan harga perkilo barang yang ingin ditimbang serta tampilan untuk jumlah harga.

Timbangan Retail ini juga memiliki bermacam fitur yang lain diantaranya:
Memiliki kapasitas memory yang besar sehingga bisa menyimpan PLU s/d 3000. Itu berarti timbangan ini dapat memuat info barang serta harganya hingga 3000 jenis.Bisa menjalankan beberapa Jurnal dan report . Barang-barang yg telah terjual, nama atau jumlahnya bisa dibuatkan jurnalnya kapan saja. Lengkap dengan printer yang bisa mencetak dari seluruh transaksi yang muncul.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Harap Komentar yang sehat yah gan