Pesona Wisata Pulau Komodo

Pulau Komodo terdapat di dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo ada pada wilayah Taman Nasional Komodo beserta Pulau Motang Pulau Padar Pulau Rinca serta masih banyak beberapa pulau kecil lain. Secara administratif, pulau tersebut berposisi di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, serta berbatasan langsung dgn Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Komodo merupakan tempat hidup alami hewan komodo, semacam kadal besar karnivora. Di Pulau Komodo ada kurang lebih 1.900 hewan komodo yg tinggal di alam bebas. Kita dapat melihat komodo yang tengah mengincar buruannya di banyak spot di tempat ini. Amat penting utk berkelana bersama guide demi alasan keselamatan saat berada di sana.

Pulau KomodoDi tahun 1985, UNESCO menobatkan Pulau Komodo serta sejumlah pulau lain di daerah Taman Nasional Komodo menjadi situs warisan dunia sebab keberadaan komodo yang cuma dapat ditemukan di kawasan ini. Habitat dari satwa yang terancam punah tersebut ialah alam terbuka dengan padang alang-alang, pesisir pantai berpasir putih juga hutan tropis. Pulau Komodo memperoleh penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature yg merupakan pengakuan untuk 7 kawasan wisata alami terbaik di dunia. Penetapan pemenang didapat dari hasil pungutan suara dan penelitian para ahli, pulau Komodo sukses meraih voting terbesar bersama 6 kawasan wisata lainnya diantaranya Air Terjun Iguazu Hutan Amazon Teluk Halong Pulau Jeju Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa Dan Table Mountain.

Sejarah Singkat Mengenai Pulau Komodo

Sekitar tahun 1910, Letnan Steyn Van Hens Broek berkunjung ke Pulau Komodo untuk melihat laporan pasukannya yng mengatakan bila terdapat hewan semacam naga di pulau itu. Broek dengan pasukannya yang telah terlatih lalu memutuskan buat datang ke pulau ini buat memburu hewan tersebut. Dia beserta pasukannya berhasil memburu satu komodo yang lalu difoto serta dikirim ke Botanical Garden di Bogor.

Tahun 1912 ialah tahun pertama kali kehadiran komodo dikenal umum melalui jurnal yang dipublikasikan Peter A. Ouwens dan diberitakan di surat kabar rutin milik Hindia Belanda. Ouwens adalah Direktur Museum Zoologi di Bogor. Lalu pada thn 1915, pemerintah Belanda telah melarang pemburuan komodo karna khawatir binatang ini bakal punah.

Kegiatan Di Pulau Komodo

Selain menengok kehidupan komodo di lingkungan aslinya, ada berbagai hal lain yang dapat Anda kerjakan di Pulau Komodo:

Trekking

Pulau Komodo tidak hanya berisi binatang komodo, Selain komodo, terdapat banyak binatang lain yang menempati pulau ini misalnya rusa, kuda, berbagai spesies burung, biawak, ular, dan masih banyak lagi. Salah satu tips untuk menikmati pulau tersebut adalah dengan menempuh trekking. Anda akan melihat binatang-binatang itu saat trekking di Pulau Komodo

Terdapat empat jalur trekking yang boleh Anda pilih mulai dari short, medium, long hingga adventure. Panjangnya lintasan trekking ini yaitu 1 - 8 km tergantung jenis yang Kamu pilih. Jika memutuskan long dan adventure, Anda bakal diajak melewati hutan, sungai lalu perbukitan yang indah. Kalau  untuk short, perjalanan akan berujung di atas perbukitan dengan panorama teluk yang mengagumkan. Namun, keempat rute trekking tersebut akan menyusuri Water Hole sehingga Anda tak perlu bingung memutuskan jalur yang mana.

Diving dan Snorkeling

Pulau Komodo gak cuma menawarkan kecantikan alam daratan saja. Alam bawah laut di pulau ini pun tak kalah indah. Terdapat sekitar 387 jenis terumbu karang, 70 jenis bunga karang, rumput laut untuk rumah bagi ribuan jenis ikan, penyu hijau, paus, hiu, lumba-lumba serta yang lainnya.

Alam bawah laut Pulau Komodo kemudian wilayah Taman Nasional Komodo disebut sebagai sebuah lokasi diving terbaik di dunia. Saat menyelam ataupun snorkeling di sini, Kalian dapat menyaksikan pemandangan biota laut yang sangat kaya dan bervariasi.

Transportasi ke Pulau Komodo

Angkutan di Pulau Komodo bisa dilakukan lewat udara, darat dan laut atau perpaduan dari ketiganya.

Udara

Jika memakai pesawat, Anda akan terbang dr Denpasar menuju Labuan Bajo. Kemudian Anda bisa meneruskan perjalanan dengan memakai kapal ferry untuk ke Pulau Komodo.

Laut

Anda dapat berangkat dari Tanjung Benoa, Bali, mengarah ke Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo, trip menuju Pulau Komodo berlanjut dengan menggunakan kapal ferry.

Darat

Terdapat bus dari Denpasar kearah Labuan Bajo. Bus bakal menyeberang menggunakan kapal ferry. Setibanya  di Labuan Bajo, perjalanan dapat dilanjutkan dengan memanfaatkan kapal ferry lagi menuju Pulau Komodo.

Selain ketiga pilihan tersebut, Anda jg bisa memilih Live on Board. Jika Kamu memilih Live on Board, Anda bisa menginap di atas kapal hingga beberapa hari untuk menuju lokasi Taman Nasional Komodo. Selama perjalanan Anda dapat menyelam dengan rombongan dan pemandu. Fasilitas yg diberikan pun terbilang lengkap mulai dari kamar tidur, makan serta toilet. Harga yang dibebankan berkisar antara 150 - 9.000 USD per malam tergantung jumlah hari paket yang Anda tentukan serta fasilitas yang ada. Kapal meluncur dari Bima, Bali, Lombok juga Labuan Bajo.

Akomodasi

Banyak pelancong memilih untuk bermalam di hotel yang ada di Labuan Bajo. Tetapi selain di hotel di Labuan Bajo, ada pilihan penginapan lain:

Homestay

Sejumlah penginapan yang sudah komplit fasilitasnya kini juga telah ada di Pulau Komodo. Banyak dari masyarakat asli Pulau Komodo telah menginvestasikan rumah mereka menjadi homestay untuk para turis yang ingin bermalam di Pulau Komodo.
Meskipun tidak seluruh penginapan yang fasilitasnya lengkap tetapi sesungguhnya seluruh penginapan sudah layak huni. Malah ada beberapa penginapan yng kamarnya dihiasi dengan wallpaper dinding bercorak natural serta laut sebagai modelnya.

Kapal sewaan

Selain untuk berkelana, Anda juga bisa menyewa kapal sewaan untuk tidur. Sebagian kapal sudah memiliki tempat tidur, toilet serta paket makan. Biaya sewa dan servis tergantung pada besarnya kapal yang Kalian sewa.

Rumah Penjaga Pulau Komodo

Anda boleh bermalam dirumah penjaga atau ranger Pulau Komodo. Rumah ini bentuknya rumah panggung dengan pasokan listrik terbatas. Umumnya listrik akan dimatikan pada pukul 23:00.

Nah, sekian info atau tips yang dapat saya share. Kita selaku warga negara Indonesia harus bangga dengan keindahan wisata yang dipunyai oleh Indonesia untuk itu ayo kita jaga dan ikut perkenalkan kepada seluruh dunia tentang keelokan wisata yang kita punya.
Share on Google Plus

About Harris Jayadi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Harap Komentar yang sehat yah gan