Melihat Surga Dasar Laut Pulau Harapan

Dermaga pasir putih membentang elok menerima kita sewaktu sampai di Pulau Harapan. Semilir angin melayangkan aroma laut, selaksa mengajak buat merasakan kebeningan air. Seperti ada di sebuah aquarium gede, ikan kecil jg binatang laut lainnya yg tetap terjaga kemurniannya semakin menambah pandangan eksotis pulau yng, bertempat di Pulau Seribu tersebut. Dengan daya tariknya yg asli, dan patut kiranya Pulau Harapan difungsikan semacam objek jalan-jalan andalan.

Pulau Harapan

Pulau Harapan
Pulau Harapan berupa sebuah dalam Beberapa banyak pulau yg tersedia di Pulau Seribu. Pulau Harapan tak telampau gede. Ngak ada data masyarakat yg memuat soal luas semuanya, tetapi diperkirakan ngak lebih besar dari 52 ha. Walau gak luas, tapi Pulau Harapan termasuk pulau yg banyak penduduknya. Sedikitnya sekitar 2200 orang serta 399 KK sah menjadi warga Kelurahan Pulau Harapan.

Penduduk Pulau Harapan kebanyakan merupakan warga pendatang. Mereka bersumber dari suku Bugis, Mandar juga Jawa. Layaknya penduduk pesisir pantai, aktivitas masyarakatnya umumnya merupakan penangkap ikan. Sejumlah fasilitas jalan dibikin dalam paving block yang selebar kira-kira 1 meter yang dibangun mengitari pulau ini. Cukup membutuhkan waktu 25 menit untk mengitari pulau Harapan.

Agar tiba di Pulau Harapan, kita mesti melihat Pulau Pramuka. Jika meluncur dr Dermaga Muara Angke juga Marina Ancol, jalan memerlukan waktu hingga 3,5 jam tuk menuju Pulau Pramuka. Dari Pulau Pramuka akan melanjutkan ke Pulau Harapan yang membutuhkan waktu 20 mnt. Namun itu bilamana kamu memakai kapal penumpang biasa. Lama waktu pelayaran yg dilakukan bakal 1 jam lebih pesat bilamana kita menaiki boat cepat. Tetapi pastinya risiko biaya perjalanan akan kian besar lantaran perlu membayar kapal cepat. Kendati begitu, letihnya penyebrangan dan tarif nan mahal diyakini jadi impas sesudah berada di Pulau Harapan.

Sesuai namanya, harapan supaya bisa rileksasi plus pesona alam bahari segera terlaksana ketika mendarat dari transportasi laut yng, kita pergunakan. Secara territorial, Pulau Harapan ialah sebuah daerah Pemukiman di Bagian Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS). Karena bertempat di kawasan taman nasional, jadi wajar aja hewan laut di Pulau Harapan tetap terurus. Tersebar ribuan bebatuan karang yng menghiasi bawah laut Pulau Harapan. Begitu juga dengan spesies ikan lainnya, baik berukuran kecil ataupun besar.

Letak Penting Pulau Harapan

Penangkaran penyu hijau yang ada di Pulau Kelapa juga dapat ditempuh dengan trekking dr kawasan Pulau Harapan. Karna, sedari beberapa waktu sebelumnya, pemerintah telah membuat sarana darat yang menghubungkan Pulau Harapan dan Pulau Kelapa. Pembangunan jalur darat berupa jembatan beton ini diberikan di dalam serangkaian agenda reklamasi pantai di Kepulauan 1000. Selain cukup dekat dgn wilayah pengembangbiakan penyu, Pulau Harapan pun tidak jauh dengan Bandar Udara Kepulauan Seribu yng, terletak di Pulau Panjang.

Memandangi pesona Pulau Harapan ngak sebatas pd siang hari saja. Pemandangan mempesona jg bisa ditemukan pada saat gelap baru mendekati. Lampu-lampu penerangan yang romantis mengitari Pulau Harapan semacam kunang-kunang yang kelap kelip. Cahaya lampu tersebut berasal dalam untaian kepulauan resort yng, memutari Pulau Harapan. Dibilang resort karena di dalamnya tak sedikit bungalow berkelas. Tertarik mengunjungi pulau resort tersebut? Bisa saja, kalian cuman patut membayar tiket hadir dalam pulau-pulau resort ini. Gak ada kewajibannya untuk sewa bungalow disitu.

Kepulauan 1000 sungguh termasuk satu tujuan tamasya bahari terbaik di Indonesia, disamping Bali, Raja Ampat jg Pulau Mentawai. Kecantikan nuansa laut, ombak dan pemandangan alam dalam laut sangat rugi buat ditinggalkan. Potensi alam yang menyokong jua dimanfaatkan masyarakat setempat dengan sarana untk pelancong yg berminat kenalan dgn laut. Antara lain menawarkan layanan tuk snorkeling & diving, 2 permainan pariwisata air yang dapat membawa kalian dalam merasakan panorama dasar laut.

Pulau Harapan jadi wilayah dalam Kepulauan Seribu pun terdapat fitur ini. Seolah tidak akan melewatkan potensi and kesempatan usaha yang ada, pengembangan sports air telah dilaksanakan dengan berbobot. Berbagai jasa travelling menyisipkan snorkeling serta scuba diving menjadi elemen daripada paket rekreasi yang dia sediakan. Tentu aja keadaan itu memudahkan visitor untuk bisa menemukan keelokan dasar laut Pulau Harapan.

Mencari Panorama Pulau Harapan Melalui Snorkeling 'n Scuba Diving

Selama belum memutuskan untk pergi snorkeling, semestinya kalian mengerti dulu apa itu snorkeling. Snorkeling ialah hobi menyelam di muka laut memakai alat bantu pernafasan. Alat bantu nafas bentuknya huruf J itu bermanfaat selaku masker untuk memproteksi mata dan hidung dr air. Tuk memiliki aktivitas dalam air, kamu juga mesti dilengkapi fins, semacam alat dalam bentuk kaki katak yg berfungsi tuk menaikan daya dorong dalam kaki. Tuk yg tak mahir berenang, jangan galau, karna kita pasti menggunakan life jacket.

Biarpun sama-sama menyelami lautan, agenda snorkeling berbeda dengan scuba diving. Apabila swimming hanya menyelam sebatas permukaan laut saja, dalam diving mempersilahkan kita tuk menyelam begitu dasar lg. Cuma aja buat menjalankan menyelam, kita harus menjalani sejumlah training fisik yang kian ribet. Tentu saja berikut wajib ahli berenang. Alat diving juga cukup canggih. Ada tabung alat bantu nafas yg bervolume besar 'n berat, dan baju penyelaman serta kacamata renang. Beragam perlengkapan tersebut harus dibawa pribadi para divers sampai ke air.

Tak sebatas untuk tujuan wisata, menyelam juga tak jarang dijalankan untuk kegiatan pekerjaan, seperti pengeboran dalam laut, pengelasan sampai riset kehidupan dalam laut. Nah, setelah kalian mengetahui sebagian akan snorkeling 'n scuba diving, kita bisa menentukan agenda apa yng, hendak dijalankan untuk memenuhi perjalanan wisata bahari di Pulau Harapan.

Andai sudah pernah memiliki skill berenang level tinggi 'n tahu perihal diving, turun tambah dasar melewati dalam laut Pulau Harapan oleh menyelam kemungkinan dapat dicoba. Tetapi tuk newbie, bersnorkeling sudah lumayan memuaskan selera pengen memandangi keindahan surga dalam laut. Toh, dr atas laut kita jua bisa melihat ratusan species yng, menghuni laut Pulau Harapan. Sedikit scuba diving kemudian berenang bersama bermacam hewan laut itu jelas menyodorkan momen yg istimewa.

Diluar sport air tersebut, Pulau Harapan pun memberi anda fasilitas hopping island, ialah berkelana pulau-pulau dgn memanfaatkan boat kuno. Ditawarkan tak sedikit pulau gugusan andalan yg boleh didatangi, antara lain Pulau Besar, Pulau Perak jg Pulau Bulat. Selain kekuatan wisata, Pulau Harapan jua memiliki nuansa alam lain. Perluasan budidaya ikan laut juga ikan tangkap sedang diterapkan secara berkelanjutan. Seperti juga dgn konservasi hutan mangrove yng, berfungsi bagaikan pelindung binatang laut.

Pulau Harapan betul-betul memberikan harapan yg tinggi akan keelokan traveling bahari Indonesia. Melalui segenap potensi yg ada, akankah Pulau Harapan jadi sebuah tujuan unggulan di sektor pariwisata bahari. Harapan itupun berfokus pada pemda guna dapat membangun Pulau Harapan tambah tinggi lagi.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Harap Komentar yang sehat yah gan